/Pintu Rumah jadi cermin Sang Penghuni ,Ikuti panduan mendesain nya
jenis pintu berdasarkan posisi dan luas hunian

Pintu Rumah jadi cermin Sang Penghuni ,Ikuti panduan mendesain nya

Apa yang Anda perhatikan pertama kali saat masuk ke rumah seseorang? Ya, tentu saja pintunya ! Pintu memang menjadi bagian terdepan dari rumah yang seolah langsung menyambut para tamu saat datang berkunjung.

Maka dari itu, penempatan pintu dan pemilihan desainnya harus diperhatikan dengan seksama. Saat ini memang banyak sekali desain pintu yang bisa dijadikan inspirasi,

pintu menjadi objek paling penting pertama saat ada tamu datang bertamu

tapi perlu Anda pertimbangkan dengan baik apakah sudah sesuai dengan karakter rumah Anda? Nah, berikut ini ada beberapa panduan dalam mendesain pintu yang perlu Anda tahu:

Pilih posisi pintu

desain pintu yang menonjolkan kesan modern dan minimalis

Ada 3 posisi pintu yang bisa dijadikan pilihan yaitu di bagian tengah, sisi kanan, atau sisi kiri. Kalau Anda ingin rumah terlihat terbuka namun lebih mengedepankan sisi tradisional, maka bisa memilih pintu yang terletak di tengah.

Biasanya, pintu semacam ini banyak ditemukan di rumah dengan desain Jawa yang memang mengedepankan keseimbangan. Namun untuk Anda yang ingin menonjolkan kesan modern dan minimalis, pintu bisa diletakkan di sisi kiri atau kanan sesuai dengan kebutuhan.

Usahakan sisi rumah yang memiliki pintu ini lebih dekat dengan akses jalan atau gerbang. Kalau rumah tidak memiliki pagar, usahakan sisi pintu berdekatan dengan jalan keluar dan masuk utama.

Pertimbangan satu daun pintu atau dua daun pintu

memiliki 2 posisi pintu yang berdekatan dengan jalan keluar dan masuk

Saat ini memang sudah banyak sekali pintu jadi yang bisa ditemukan di pasaran dan toko-toko bangunan. Umumnya, ada dua jenis pintu yakni yang memiliki satu daun pintu dan dua daun pintu. Untuk rumah dengan bagian depan luas, bisa memilih yang dua daun pintu.

Namun kalau bagian depan rumah cukup sempit atau Anda ingin menampilkan kesan sederhana, pilih saja pintu dengan satu daun pintu saja. Ada juga pintu dengan tiga daun pintu atau biasa dikenal dengan pintu lipat.

Kalau yang ini biasanya bukan untuk pintu depan tapi pintu samping atau belakang yang mengarah ke halaman rumah, maupun pintu garasi.

Pilih material pintu

kayu olahan yang lebih ringan dengan menggunakan kayu jati

Material pintu juga adalah hal penting yang harus dipertimbangkan. Yang paling umum memang adalah pintu kayu, bisa dari kayu jati, kayu mahoni, ataupun juga kayu ulin. Tapi saat ini juga sudah banyak material kayu olahan yang lebih ringan dan harganya lebih terjangkau.

Bahan lain yang juga bisa dijadikan material untuk pintu rumah adalah kaca, baja, aluminium, dan PVC. Untuk bahan kaca cocok sekali diterapkan pada rumah berkonsep minimalis dan modern.

Sedangkan pintu baja yang terkesan berat dan kokoh cocok untuk hunian dengan desain industrial. Kalau Anda ingin budget yang lebih terjangkau, maka pilihlah pintu dengan bahan aluminium ataupun PVC. Namun jika salah pemilihan warna dan bentuk, kedua bahan ini memang lebih mudah terkesan murahan.

Cermati arah bukaan pintu

beberapa tipe pintu yang sangat sesuai dengan kegunaan nya

Pintu rumah memang umumnya dibuka ke dalam. Tapi ada beberapa pintu yang juga dibuka ke luar, ke samping kanan kiri, atau juga geser. Nah, setiap jenis bukaan pintu punya kelebihan masing-masing.

Pintu bukaan ke dalam cocok untuk rumah dengan ruang tamu luas, sedangkan pintu bukaan kanan dan kiri sesuai untuk hunian yang ingin menonjolkan kesan megah. Kalau pintu geser, sesuai dengan rumah yang lahannya sempit.