/Mendesain Jendela Agar Lebih Dinamis, Ini Tips Yang Perlu Anda Tahu
jendela menjadi elemen terpenting dalam sebuah rumah

Mendesain Jendela Agar Lebih Dinamis, Ini Tips Yang Perlu Anda Tahu

Jendela merupakan salah satu elemen terpenting dari sebuah rumah. Tak hanya berfungsi untuk mempercantik hunian, namun jendela juga sangat penting dijadikan sumber cahaya alami.

Dengan adanya jendela di beberapa sudut rumah, Anda pun bisa menghemat penggunaan listrik di siang hari tanpa perlu menggunakan lampu. Selain itu, jendela juga berperan penting sebagai sumber udara. Anda pun tak perlu memakai kipas angin atau AC jika rumah memiliki banyak jendela.

jendela menjadi sangat penting dalam sebuah hunian

Maka dari itu, mendesain jendela sangatlah penting dan tidak boleh disepelekan.Nah, berikut ini ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat ingin mendesain jendela yang dinamis dan fungsional:

Pertimbangkan jendela yang sekaligus berfungsi sebagai dinding

memiliki jendela dinamis anda bisa menikmati pemandangan luar dirumah

Untuk Anda yang memiliki hunian di tengah halaman luas dan berada di area private, tak ada salahnya untuk mendesain jendela yang sekaligus berfungsi sebagai dinding.

Bayangkan saja, jika salah satu sisi dinding rumah digantikan dengan jendela yang jernih dan langsung membuat Anda bisa menikmati pemandangan luar, tentu suasana berbeda akan dirasakan.

Beberapa ruangan yang pas memiliki dinding jendela semacam ini adalah kamar tidur dan juga ruang tamu. Tapi dinding jendela ini perlu Anda pertimbangkan lagi kalau rumah berada di pinggir jalan atau berdekatan dengan lahan orang lain.

Anda tentu tak ingin aktivitas di dalam rumah bisa terlihat dan diketahui oleh orang yang berada di sekitar rumah Anda.

Posisikan jendela sebagai sumbu ruangan

adanya jendela ditengah ruangan akan memberikan penerangan dirumah

Jika tak memungkinkan membuat dinding jendela, Anda bisa mencoba menjadikan jendela sebagai sumbu ruangan. Hal ini maksudnya jendela terletak tepat di tengah ruangan sehingga bisa memberikan kesan lebih terbuka.

Jendela satu ini cocok sekali untuk ruangan yang lebar dan memiliki space yang luas. Kalau untuk ruangan sempit, jendela semacam ini bisa juga dipilih namun sekaligus difungsikan sebagai pintu sehingga lebih menghemat ruangan.

Ada baiknya juga kalau Anda meletakkan jendela semacam ini di lantai dua karena akan memberikan pemandangan yang terang di pagi dan siang hari serta menyuguhkan langit penuh bintang di malam hari.

Jendela geser di bagian atas untuk rumah di pemukiman padat

adanya jendela geser diatas rumah akan memberikan pemandangan langit

Bagaimana kalau rumah Anda terletak di pemukiman padat penduduk? Apa mustahil memiliki banyak jendela? Tentu saja tidak! Anda tetap bisa memilliki rumah dengan banyak jendela tanpa perlu risih akan terlihat dari luar rumah. Kuncinya, buat jendela di posisi yang agak tinggi, melebihi kepala manusia.

Jadi jendela terletak memanjang di bagian atas dinding dan akan memberikan pemandangan langit atau pepohonan. Di bagian luar rumah tepatnya di bawah jendela bisa Anda tanami berbagai jenis pohon atau bunga untuk menghindari orang iseng yang berniat mengintip ke dalam hunian Anda.

Pilih jendela dengan kusen tipis untuk kesan minimalis

untuk menonjolkan kesan rumah minimalis pakailah kusen kayu tipis

Kalau Anda ingin menonjolkan kesan minimalis pada rumah, maka pilih jendela dengan kusen tipis. Kusen kayu yang tebal akan memberikan kesan bulky dan membuat rumah terasa penuh.

Anda juga bisa mengecat kusen dengan warna terang atau senada dinding untuk meleburkan batas antara jendela dengan dinding. Meski terkesan sepele, cara ini akan menjadikan hunian terlihat lebih lapang.