/hal yang harus di pikirkan seblum mendesain Hunian nyaman dan Hommy
Hunian yang aman dan nyaman untuk keluarga

hal yang harus di pikirkan seblum mendesain Hunian nyaman dan Hommy

Memiliki rumah sendiri adalah sebuah impian semua orang, terutama yang sudah berumah tangga. Hanya saja sekarang ini harga tanah atau juga harga rumah sangatlah tinggi, khususnya di perkotaan atau daerah yang ramai dan strategis.

dalam membangun rumah kamu harus memperhatikan lahan nya

Namun, saat lahan atau tanah sudah terbeli dan memiliki luas yang cukup besar, mungkin tidak menjadi masalah karena sang pemilik dapat membangun dan mendesain sebuah hunian yang nyaman dan sesuai keinginan. Akan tetapi bagaimana jika tanah yang dibeli tersebut cukup sempit dan terbatas? Tentunya hal tersebut menjadi satu masalah baru, bukan?

Bagi pemilik tanah berukuran kecil akan tetapi ingin mendirikan rumah yang hommy serta tidak terkesan sempit, maka beberapa poin di bawah ini dapat menjadi acuan.

Konsep

untuk pemilik lahan kecil kamu wajib membuat konsep sebelum membangun

Tentunya tidak semudah pemilik lahan yang luas atau besar, bagi pemilik tanah sempit, satu hal yang wajib dijadikan perhatian sebelum membangun sebuah hunian adalah konsep awalnya. Jangan terlalu membuat konsep desain yang mewah-mewah dengan pilar ataupun pagar besar.

Hal itu dikarenakan justru akan memangkas luas tanah yang seharusnya masih dapat digunakan untuk lainnya. Disarankan lebih menggunakan konsep minimalis ketika memiliki tanah berukuran tidak terlalu luas.

Desainer/arsitek

Mintalah Saran Arsitek untuk membangun Hunian impian anda

Memang sah-sah saja bagi setiap pemilik tanah untuk menggambar dan mendesain konsep hunian mereka sendiri, akan tetapi disarankan, khususnya bagi yang memiliki lahan terbatas, untuk meminta saran dari seorang desainer atau arsitek.

Rata-rata orang yang berprofesi sebagai seorang arsitek atau desainer ini pastinya akan mempertimbangkan ukuran atau luas tanah terlebih dahulu sebelum membuat satu bagan rumah sesuai keinginan.

Anggaran

pikirkan lah anggaran yang akan kamu keluarkan untuk hunian impianmu

Kemudian langkah selanjutnya yang wajib dipikirkan adalah mengenai anggaran. Untuk membangun sebuah hunian yang nyaman tentunya juga harus menggunakan bahan dan material yang berkualitas. Jangan sampai hanya karena terbatasnya dana maka mempertaruhkan sisi keselamatan dan jangka panjangnya dengan memilih material yang berkualitas rendah. Untuk itu, ada 2 opsi yang dapat diambil dalam hal ini, yaitu meminjam dana dari pihak tertentu atau memilih menabung terlebih dahulu.

Desain

untuk kamu yang ingin mendirikan sebuah hunian yang nyaman

Seperti yang disebutkan di atas, desain yang sangat disarankan untuk para pemilik lahan sempit yang ingin mendirikan satu hunian nyaman akan tetapi tetap hommy adalah menggunakan konsep desain minimalis. Dikatakan minimalis karena memang segala halnya memang menggunakan konsep yang meminimalisir bentuk, perabotan, detail dan lain sebagainya. Walaupun terkesan kaku, namun desain-desain rumah minimalis ini dari beberapa tahun belakangan sangat populer dan banyak diadopsi oleh para arsitek atau pemilik lahan.

Macam desain minimalis

tipe-tipe yang bisa kamu bisa gunakan dalam membangun hunian impian

Sebenarnya ada 4 jenis desain minimalis yang digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia, namun dikarenakan 2 di antaranya sulit untuk dapat diterapkan di Indonesia, maka hanya 2 yang dapat digunakan, yaitu model Conch House dan Modular.

Dari kedua model tersebut, konsep Modular adalah yang sekarang ini sedang ngetren. Apa itu konsep Modular? Konsep Modular adalah sebuah konsep hunian berbentuk persegi panjang yang mana dibuat begitu untuk memaksimalkan luas tanah yang sempit. Dengan konsep seperti ini maka jangan berharap akan ada banyak sekat ataupun pilar-pilar megah di dalam ataupun luar bangunan.

Model kedua adalah Conch House yaitu sebuah konsep hunian yang mengadopsi desain kebanyakan rumah-rumah skandinavia yang mana didominasi oleh material kayu, memiliki bentuk persegi serta bertingkat. Seperti halnya konsep Modular, tidak akan ada banyak sekat di dalam rumah sebagai pembatas antara satu ruangan dan ruangan lain.