/Mendesain Rumah Terbaik Untuk Lahan Sempit, Ini Kriterianya
desain rumah anda sesuai dengan kriteria anda

Mendesain Rumah Terbaik Untuk Lahan Sempit, Ini Kriterianya

Anda mungkin berpikir semakin besar lahan, maka akan makin mudah pula membuat desain rumah yang diidamkan. Sedangkan lahan sempit cenderung diartikan buruk karena membuat Anda tidak bisa mendesain rumah dengan leluasa.

Padahal dengan lahan sempit, bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan hunian yang terkesan lega dan membuat betah. Tapi tentu saja untuk bisa menciptakan rumah yang enak ditinggali di lahan sempit tak bisa sembarangan. Pastikan Anda memenuhi beberapa kriteria mendesain rumah di lahan sempit berikut ini:

Bangun sesuai dengan kebutuhan

tidak perlu memaksakan diri untuk membangun kamar lebih banyak

Kalau keluarga Anda terdiri dari 4 orang dan membutuhkan 3 kamar, satu untuk Anda dan pasangan dan dua kamar lainnya untuk buah hati, maka bangunlah hunian dengan 3 kamar. Tak perlu memaksakan diri membangun rumah dengan 4 atau 5 kamar sebagai kamar tamu.

Toh yang namanya tamu tak selalu ada. Kalaupun nanti ada keluarga yang menginap, masih ada space yang bisa dimanfaatkan untuk berisitirahat dan tidak harus dalam bentuk kamar. Dengan membangun hunian seperlunya, maka lahan yang sempit masih akan terasa lega karena tidak semuanya tertutup bangunan.

Maksimalkan jendela

utamakan jendela untuk memberikan penerangan supaya cahaya masuk

Biasanya, rumah di lahan sempit identik dengan kesan sempit. Hal ini biasa diakali dengan menambahkan banyak jendela di berbagai sisi rumah. Jendela tidak hanya membantu memberikan penerangan alami dan juga sebagai jalan keluar masuk cahaya, tetapi juga bisa memberikan kesan lebih luas dengan adanya kaca. Yang perlu diperhatikan, ketika hunian Anda memiliki banyak jendela, tak perlu bersusah payah untuk menutupinya dengan tirai yang tebal, bergelombang, dan berlapis. Sebab kesan lapang justru akan nampak jika kaca jendela terlihat, bukannya ditutupi oleh tirai. Namun jika Anda ingin memakai tirai, pilih yang tipis, memiliki warna netral, dan tidak berlapis.

Tambahkan bukaan pada salah satu ruang

tambahkan bukaan sseperti kaca pada atap langit supaya menambah aliran udara

Desain rumah di lahan sempit seringkali harus mengorbankan kebun atau halaman. Ya, lahan yang terlalu kecil memang tidak memungkinkan Anda untuk  membuat lahan terbuka. Tapi tenang saja, bukan berarti hunian akan terlihat suram dan membosankan tanpa adanya taman. Anda bisa kok, memanfaatkan salah satu ruangan untuk diberi bukaan di bagian langit-langit. Ruangan yang memungkinkan misalnya saja tempat cucian, kamar mandi, maupun ruang makan. Buatlah langit-langit kaca yang bisa dibuka dan ditutup sehingga akan memberikan kesan berbeda dan juga menambah aliran udara di dalam rumah.

Aplikasikan open plan atau ruang terbuka

terapkan sistem open plan untuk meminimalisir dinding dan sektor ruangan

Memiliki hunian di lahan sempit tak lagi masalah kalau Anda menerapkan sistem open plan alias ruang terbuka. Sistem ini dilakukan dengan meminimalisir adanya dinding atau sekat antar ruangan. Jadi setiap ruangan terhubung tanpa tembok. Untuk pemisah atau penutup, Anda bisa memanfaatkan partisi maupun benda yang bisa dijadikan penutup seperti lemari atau hiasan. Konsep seperti ini akan membuat rumah terlihat lebih lapang dan tidak sumpek. Biasanya, open plan ini juga cocok untuk rumah dengan banyak penghuni karena akan memberikan keleluasaan dalam bergerak.