/Bagaimana Mengaplikasikan Konsep Skandinavia untuk Hunian Pribadi?
Mengaplikasikan Konsep Skandinavia untuk Hunian Pribadi

Bagaimana Mengaplikasikan Konsep Skandinavia untuk Hunian Pribadi?

Desain rumah Skandinavia adalah model rumah yang menggabungkan berbagai unsur, seperti modernisasi, kesederhanaan, minimalis dan fungional. Desain rumah seperti ini sudah banyak dipakai sejak era tahun 1950-an di kawasan Eropa dan Kanada.

Di era itu, model rumah Skandinavia digunakan karena untuk meminimalisir hawa dingin di sekitar karena material yang dipakai mayoritas terbuat dari kayu, namun di zaman sekarang lebih diartikan sebagai hunian yang menyatu dengan alam di tengah hiruk pikuknya daerah perkotaan.

model rumah yang digunakan untuk meminimalisir hawa dingin disekitar

Rata-rata rumah-rumah yang mengusung konsep Skandinavia didominasi dengan warna putih dan cerah, menggunakan furnitur sederhana tanpa ornamen serta memiliki jendela yang besar atau kecil namun tersebar di beberapa bagian rumah.

Lantas bagaimana untuk dapat menciptakan dan mengusung konsep Skandinavia tersebut? Berikut ini ada beberapa hal yang dapat digunakan ketika ingin mengubah atau membangun hunian pribadi ala Skandinavia.

Alam

memasukan unsur alami diluar dan didalam rumah semaksimal mungkin

Dikarenakan memang konsep Skandinavia adalah bertemunya sebuah hunian untuk manusia dengan alam sekitar, maka desain yang digunakan adalah mengikutsertakan atau memasukkan unsur alami di luar dan juga di dalam rumah semaksimal mungkin. Maksudnya unsur alami adalah mendominasi penggunaan material-material yang terbuat dari kayu dan bebatuan.

Untuk warnanya, seperti yang disebutkan di atas adalah mayoritas adalah warna putih, akan tetapi kamu dapat juga menggunakan warna yang terkesan kalem. Hanya saja yang patut diperhatikan adalah warna yang dipakai secara mayoritas haruslah senada di setiap bagian rumah.

Disarankan pula memiliki taman kecil di dalam rumah atau setidaknya pot-pot bunga yang dapat disimpan di sebuah ruangan sebagai bagian dari interior. Tidak perlu tanaman yang berukuran besar, tanaman kecil atau semacam kaktus pun juga dapat digunakan.

Minimalis

meminimalisir penggunaan sekat dan pilar supaya terlihat rumah lebih bersih

Desain dari rumah-rumah Skandinavia sangatlah sederhana, oleh karena itu ketika membangun rumah dengan mengusung model ini, maka disarankan untuk dapat meminimalisir penggunaan sekat dan pilar. Ornamen-ornamen yang dipakainya pun apabila dapat disingkirkan, maka disarankan untuk disingkirkan, namun apabila tidak, maka dianjurkan untuk diminimalisir keberadaannya.

Selain mengusung model rumah sederhana, desain dari Skandinavia juga mengesankan sebuah hunian yang bersih dan rapi. Oleh karenanya, ketika membangun rumah ala Skandinavia, persempit bagian-bagian yang dianggap tidak terlalu penting dan menambahkan unsur garis serta balok.

Terbuka

rumah dengan konsep minimalis yang memiliki banyak jendela

Selain mengusung sisi kesederhanaan atau minimalis, desain rumah Skandinavia juga identik dengan hunian yang memiliki ruang terbuka dan terang karena terdapatnya banyak jendela. Ruang terbuka ini berfungsi untuk membuat penghuninya dapat bebas bergerak, sedangkan terang dan banyak jendela berfungsi sebagai ventilasi udara serta agar cahaya matahari dapat menyinari rumah dengan leluasa. Ditambah lagi, rata-rata rumah model Skandinavia mengeliminasi penggunaan gorden yang tebal dan berlipat-lipat, bahkan ada pula yang benar-benar tidak menggunakan gorden.

Eksterior dan interior

anda harus teliti dalam mendesain bagian Eksterior dan interior hunian anda

Selain desain setiap bagian dari rumahnya yang mengusung unsur minimalis dan sederhana, untuk eksterior dan juga interiornya juga sama. Model-model rumah Skandinavia sangat terbatas dalam hal perabotan. Adapun adalah yang memiliki fungsi khusus atau juga yang benar-benar dapat mempercantik dan menyeimbangkan sebuah ruangan.

Oleh karenanya, jangan heran ketika masuk ke dalam sebuah rumah yang mengusung konsep Skandinavia, maka kamu tidak akan melihat satu kemegahan seperti rumah-rumah yang menggunakan model baroque atau sejenisnya, namun lebih melihat sebuah hunian yang sederhana, bersih, rapi dengan perabotan serta sisi eksterior dan interior yang tak kalah sederhananya.