/dapatkah mengganti French Door dengan memakai Desain Geser?
model pintu geser agar menimbulkan kesan luas

dapatkah mengganti French Door dengan memakai Desain Geser?

Sekarang ini satu desain pintu yang sedang populer dan banyak digunakan oleh kebanyakan orang di berbagai negara, termasuk Indonesia adalah yang disebut dengan istilah French Door.

Kenapa French Door sangat populer? Hal itu dikarenakan model pintu seperti ini memiliki fungsi ganda, yaitu dapat membuat rumah menjadi nampak lebih besar, lebih banyak cahaya matahari yang masuk karena ada panel kaca berbingkai yang tersemat dan juga berfungsi sebagai pintu seperti pada umumnya namun lebih mengangkat nuansa klasik.

desain pintu French Door yang sedang populer dan digunakan banyak orang

Sedikit mengulas masalah sejarah dari French Door, desain pintu satu ini mulai muncul dan banyak digunakan saat akan berakhirnya era Renaissance di Prancis. Banyak rumah-rumah di Prancis yang menggunakan desain seperti ini agar memunculkan kesan luas baik dari dalam ataupun dari luar.

Dari diciptakan sampai dengan populer, desain French Door selalu berupa pintu yang dapat dibuka dan ditutup, akan tetapi sekarang ada juga yang mencoba menggunakan model pintu seperti ini dengan memakai konsep geser atau sliding door.

Lantas apa saja yang harus dilakukan untuk dapat mengganti pintu pada umumnya dengan menggunakan French Door model geser? Pertama-tama yang harus dilakukan adalah mengukur panjang dan lebar pintu dan space yang dipakainya sebagai acuan untuk membuat ukuran dari pintu geser Prancis tersebut. Selain itu,

dengan mengetahui lebar dan panjang dari pintu serta rongga bangunan yang dipakai, maka dapat ditentukan pula berapa jumlah bingkai kaca dalam satu panel tersebut.

Akan menjadi satu hal yang cukup aneh apabila desain French Door yang dipakai ternyata bingkai dalam panelnya terlalu kecil atau terlalu besar. Sesuaikan setiap bingkainya dengan ukuran yang dianggap pantas dan tentunya jangan terlalu sedikit atau terlalu banyak.

Untuk pewarnaannya, setiap orang tentunya memiliki kesukaan akan warna yang berbeda-beda. Akan tetapi lebih dianjurkan untuk menggunakan warna yang senada dengan tembok agar tekesan edgeless dan nampak lebih luas serta elegan. Contohnya saja,

jika mayoritas bangunan berwarna putih, maka French Door gaya geser juga disarankan berwarna putih dan lain sebagainya. Keuntungan menggunakan French Door geser dibandingkan yang buka-tutup konvensional

Memang sejak diciptakan untuk kali pertama, model desain French Door adalah yang dapat dibuka dan ditutup. Hal itu dikarenakan ada unsur klasik yang menyiratkan kemegahan sebuah hunian.

Dengan menggunakan French Door yang dapat dibuka dan ditutup, maka akan terkesan rumah yang bersangkutan sangatlah besar karena model pintu seperti ini membutuhkan space cukup luas agar tidak terbentur sesuatu ketika dibuka atau ditutup.

Hanya saja, hal tersebut menjadi kurang praktis dan memakan banyak space saat diaplikasikan ke hunian model sekarang ini yang memiliki luas tidak seberapa.

Oleh karena itu, dengan menggunakan desain slider pada model pintu French Door tersebut, maka selain masih dapat memperoleh kesan mewahnya, tidak banyak space juga yang terpangkas karena pintunya dapat dibuka dan ditutup tanpa harus ditarik atau didorong, melainkan hanya cukup digeser saja ke kanan dan ke kiri. Aksesoris tambahan yang diperlukan untuk mempercantik pintu

Sebenarnya untuk jenis pintu semacam ini tidak diperlukan aksesori tambahan lain karena memang French Door diciptakan agar selain membuat ruangan terkesan luas, juga agar cahaya matahari dapat masuk dengan bebas ketika di siang hari.

Namun akan menjadi satu hal yang cukup kurang nyaman ketika malam tiba dan pintu semacam ini tidak ada penghalangnya. Oleh karena itu sebagai aksesoris tambahannya adalah dengan menggunakan kelambu berjenis tarik atau tarik atau juga yang dapat diikat pada bagian tengahnya.