/4 Tips Penting Untuk Mendesain Rumah Ramah Anak
sediahkan lah ruangan khusus untuk anak anda mengeksplor dirinya

4 Tips Penting Untuk Mendesain Rumah Ramah Anak

Saat masih hidup berdua bersama pasangan, Anda tentu memiliki desain rumah idaman. Namun setelah memiliki momongan, fokus utama bukan lagi bagaimana membuat rumah yang terlihat keren, namun memastikan kalau hunian tersebut ramah untuk anak.

Ya, anak-anak menjadi alasan mengapa orang tua sering kali mengabaikan keindahan desain hanya untuk mendapatkan keamanan terbaik pada hunian.Padahal sebenarnya Anda tetap bisa juga kok mendesain rumah dengan maksimal sambil mementingkan keamanan anak. Yuk, simak beberapa tips desain rumah ramah anak yang wajib Anda tahu berikut ini:

Pilih material yang mudah dicuci dan diganti

solusi untuk anak yang suka mengeksplor seluruh bagian rumah

Yang namanya anak-anak hobi sekali mengeksplor seluruh bagian rumah tanpa kecuali. Tak hanya itu saja, berbagai bagian rumah dan juga perabotan tak akan luput dari perhatiannya.

Anda mungkin akan bisa menemukan coretan di dinding, aneka warna krayon di karpet dan sofa, sampai dengan surai karpet yang tak beraturan karena sering digunting atau dicabut.

Tentu akan sangat merepotkan kalau semua hal itu tak bisa dibersihkan. Tapi beda halnya kalau Anda menggunakan material yang mudah dicuci dan diganti. Untuk cat tembok misalnya, kini sudah ada jenis washable sehingga bisa disekat dengan lap basah untuk menghilangkan tulisan di atasnya.

Cari perabotan yang serba guna
barang si kecil lebih banyak dari barang anda jangan khawatir ini solusinya

Kalau Anda memiliki anak di rumah, bisa dipastikan barang-barang milik si kecil jauh lebih banyak dibanding barang Anda sendiri. Jadi tak heran kalau di setiap sudut rumah bertebaran barang milik si kecil karena lemari pun sudah tak cukup untuk menyimpannya. Maka dari itu, penting sekali untuk memilih perabotan yang serba guna dan bisa berubah fungsi. Meja makan misalnya, akan sangat bermanfaat kalau ketinggiannya bisa diatur dan bisa diubah jadi meja untuk beraktivitas si kecil. Akan jadi hal bermanfaat juga jika Anda memiliki tempat tidur yang bagian kolongnya disulap menjadi laci dan lemari untuk menyimpan berbagai jenis barang. Dengan perabotan semacam ini, dijamin rumah akan terlihat lebih bersih dan rapi.

Hindari penggunaan furnitur di tengah ruangan

hindari penggunaan furnitur ditengah ruangan karena menghambat anak

Untuk Anda yang ingin hunian lebih bersahabat untuk buah hati, maka pastikan tidak meletakkan perabotan di tengah ruangan. Maksimalkan area terbuka pada hunian karena akan membuat anak lebih mudah bergerak tanpa khawatir terbentur atau tersandung. Selain itu, perabotan yang terletak di tengah ruangan juga akan menjadikan rumah terlihat lebih penuh. Beda halnya kalau perabotan diletakkan menempel di dinding sehingga terkesan lebih ringkas. Anak pun semakin bebas berlarian tanpa perlu khawatir terbentur pajangan yang ada di tengah rumah misalnya.

Hindari tangga yang curam

tangga yang curam sangat berbahaya bagi anak anda

Mungkin jadi impian Anda memiliki hunian dengan tangga yang melengkung cantik. Tapi saat nanti ada anak, Anda tentu akan menyesal dengan desain tangga yang demikian. Untuk keamanan anak, memang lebih baik membuat tangga yang tidak terlalu curam dan memiliki sisi-sisi lebar sehingga mudah dipijak oleh anak. Anda juga perlu menambahkan pagar di sisi naik dan turun tangga untuk menghindari anak terjatuh saat bermain.